PropellerAds

Tutorial Block/Unblock Program di Windows Firewall

Sebenarnya melakukan blokir aplikasi dengan Windows Firewall bukanlah hal yang sulit. Namun mungkin bagi sebagian orang masih ada merasa bingung atau kesulitan melakukannya. Caranya adalah dengan melakukan blokir aplikasi tersebut lewat pengaturan Windows Firewall bawaan windows yang telah terinstal di pc atau laptop kita. Jadi yang akan kita lakukan di sini hanya melakukan blokir koneksi internet terhadap aplikasi tertentu tanpa mengganggu koneksi internet aplikasi lainnya.
Oke, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini!

Membuat Windows Firewall Rule

Pertama Anda buka Windows Firewall with Advanced Security, melalui Start > Search > Firewall, atau Anda juga bisa lewat Control Panel > System and Security > Windows Firewall > Advanced Settings .

tutor1

Setelah itu akan muncul jendela baru Windows Firewall And Advanced Security, selanjutnya klik pada Outbound Rules lalu klik New Rule untuk membuat Rule baru seperti pada tampilan gambar di bawah ini.

tutor2

Maka akan tampil jendela New Outbound Rule Wizard silahkan Anda ceklist pada Program dan klik Next.

tutor3

Tahap selanjutnya ceklist pada This Program Patch : lalu klik Browse dan cari aplikasi yang akan Anda blokir di firewall. Aplikasi yang anda blokir harus berbentuk .exe, biasanya terdapat di Local Disk (C:) > Program Files atau Program Files (x86) ... atau jika file tersebut portable atau tidak diinstall di komputer anda tinggal mencarinya di folder saat anda menyimpannya. 

Di sini kita ambil contoh, saya akan memblokir Advanced System Care yang sudah terinstall di PC saya, jadi saya menuju ke Local Disk (C:) > Program Files > IObit > AdvancedSystemCare, lalu saya mencari dan memilih ASC.exe lalu klik open, dan hasilnya akan seperti ini !

tutor4

Selanjutnya klik Next dan Anda akan dibawa ke langkah selanjutnya ceklis pada Block the connection seperti gambar dibawah ini !

tutor5

Jika sudah seperti diatas klik Next. Untuk tahap berikutnya akan ditampilkan jendela baru, yaitu Profile, ceklist semua pilihan yang ada di situ, yakni DomainPrivatePublic, seperti gambar di bawah ini !

tutor6

Klik Next untuk menuju tahap terakhir yaitu mengisi nama dan deskripsi, sebenarnya ini tidak begitu penting tapi untuk kolom Nama dan Deskripsi bisa diisi apa saja terserah Anda.

tutor7

Klik tombol Finish untuk menyimpan Rule baru Anda. Dan ketika sudah selesai tampilannya akan seperti ini!

tutor8

Jika masih adan progra, lain yang ingin Anda blokir, Anda tinggal mengulangi langkah-langkah di atas, mudah bukan?

Lantas... bagaimana jika kita ingin membuka kembali program yang telah kita blokir tadi ?
Mudah sekali. Anda tinggal klik pada Rule yang tadi Anda buat, lalu di samping kanan bawah klik Disable Rule untuk mengantisipasi jika Anda ingin menguncinya lagi suatu saat. Jika tidak, Anda bisa langsung menghapusnya dengan klik Delete.

Semoga Bermanfaat ....

0 Response to "Tutorial Block/Unblock Program di Windows Firewall"